Home / Artikel / Pembukaan PW PTK XIV Se-Indonesia Tahun 2018

Pembukaan PW PTK XIV Se-Indonesia Tahun 2018

Pekanbaru, Kamis 03 Mei 2018 Pramuka Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melaksanakan kegiatan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) se-Indonesia ke XIV tahun 2018 di Bumi Perkemahan UIN Sultan Syarif Kasim Alamat Jl. H.R. Soebrantas km.15 Kelurahan Simpang Baru, Pekanbaru, Riau.

Pembukaan PW PTK XIV resmi dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, yang digelar di bumi perkemahan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim dengan di dikelilingi gedung seluruh fakultas di UIN, ini menjadikan tempat yang strategis dalam pembukaan Acara Nasioanal, pada pembukaan ini menteri agama mengatakan“saya sangat apresiasinya atas terselenggaranya Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan ke XIV se-Indonesia di UIN Suska Riau yang di gelar setiap dua tahun sekali. Melalui even ini, saya berharap dapat menjadi washilah untuk memperteguh semangat persatuan dan kesatuan NKRI, memupuk nasionalisme dan patriotisme serta menebarkan paham dan ajaran agama yang moderat di Nusantara” ujarnya.

Selain penegak dan pandega pramuka seluruh indonesia juga di hadiri pramuka luar negeri, beberapa instansi pemerintahan, dan mahasiswa/i juga hadir dalam memeriahkan pembukaan PW PTK XIV ini. Dengan penampilan Tari Massal oleh UKM sanggar Latah Tuah UIN Suska Riau yang mengguncang mata dari penonton ditambah lagi penampilan Silat Tradisonal oleh UKM HIMSSI UIN Suska Riau, ini merupakan sejarah yang sangat tak terduga oleh Universitas yang menghasilkan keluaran yang sangat memuaskan hati mahasiswa. Pada peresmian pembukaan dengan pemukulan kompang, pelepasan 200 ekor burung, dan 1000 balon warna yang menyelimuti warna lapangan upacara, terakhir dengan adanya defile oleh 65 kontingen Pramuka penegak dan Pandega yang berasal dari 67 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, 4 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS), dan 4 kwartir cabang se-Riau dengan total keseluruhan Peserta 1350 orang, Bindam 175 orang dan Pinkon 68 orang.

PW PTK XIV yang bertemakan “Eco Cultural Tourism” dengan sub tema “berkarya nyata ikhlas bakti membangun negeri” pada tema tersebut maka perkemahan wirakarya ini peserta akan melakukan homestay disebut Induk Semang di sejumlah rumah penduduk sebagai tempat bhakti pramuka pada Desa Alam Panjang, Tambang, Kampar, Desa Aur Sati Kampar, Kelurahan Okura, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru dan Desa Limau Manis, Kampar serta adannya bakti di lingkungan bumi perkemahan dan lingkungan kampus UIN Suska Riau.

 

About Akbar Dimansyah Hrp

Check Also

Pramuka UIN Suska Riau Memperingati Hari Pramuka di Puncak Marapi 2891 Mdpl

Pekanbaru 14/08/2018 Keluarga Besar Pramuka UIN Suska Riau Mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Pramuka yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *