Home / Artikel / Gerbang UIN Suska Gerbang Kesuksesan

Gerbang UIN Suska Gerbang Kesuksesan

          Saat pertama kali anda memasuki Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau tentunya hal pertama yang menyambut anda adalah gerbang UIN SUSKA ini. Gerbang utama ini menarik sebab memberikan nuansa Timur Tengah. Gerbang ini memiliki tujuh kubah berbentuk lengkung dan bersudut lancip di bagian atas masing-masing kubah. Satu diantara ketujuh kubah lain, yaitu kubah yang terletak di tengah dan menjadi penyatu serta pemisah antara gerbang keluar dengan gerbang masuk. Keenam kubah lainnya yang terletak di samping kubah pertama, tiga di kanan dan tiga pula di kiri. Dua kubah agak kecil dengan ujung bercabang seperti bangku untuk membaca Al-Qur’an, mendampingi kubah utama, yakni kubah yang menaungi jalan. Di bagian kubah yang menaungi jalan inilah terdapat kaligrafi arab dibalur dengan warna emas nan indah.

Jika anda semakin masuk kedalam wilayah UIN SUSKA ini nuansa Timur Tengah akan semakin ketara dirasakan. Tentunya anda akan disambut oleh danau kecil memanjang yang disekelilingnya ditumbuhi tumbuhan – tumbuhan hijau, hal ini tentunya cukup untuk memanjakan mata anda ketika melintas semakin dalam masuk kedalam kawasan UIN SUSKA. Danau ini pun dibagi menjadi dua dengan jembatan kecil sebagai pemisahnya. Di penghujung danau ini anda akan melihat bangunan yang terlihat seperti kapal. Jika hanya dilihat sekilas memang terlihat bagai kapal namun jika anda mengamatinya lebih lanjut anda akan melihat tulisan arab bertuliskan ‘Iqra’ yang divariasikan sedemikian rupa sehingga berbentu kapal

Lebih dalam lagi anda memasuki kawasan UIN SUSKA ini anda akan melihat bangunan dengan cat berwarna abu – abu yang terdiri dari 5 lantai dan pada puncaknya terdapat kubah hijau yang menambah nuansa Timur Tengah kawasan ini. Walaupun berkubah bangunan ini bukanlah masjid, namun merupakan kantor rektorat. Kantor rektorat yang megah dengan desain menyerupai bangunan Timur Tengah. Bangunan ini semakin gagah dengan hiasan motif melayu berwarna putih dan abu-abu.Di gedung rektorat mahasiswa dapat menyelesaikan berbagai urusan kampus. Mulai dari pembayaran uang kuliah hingga urusan lain yang berkaitan dengan akademik.

 

Penulis : Kak Aulia Syukri, kak Shintya, kak Ayu Lestari

About Akbar Dimansyah Hrp

Check Also

Pramuka UIN Suska Riau Memperingati Hari Pramuka di Puncak Marapi 2891 Mdpl

Pekanbaru 14/08/2018 Keluarga Besar Pramuka UIN Suska Riau Mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Pramuka yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *