Home / Artikel / Jantung Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jantung Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Perpustakaan di Perguruan Tinggi disebut dengan “Jantung Universitas (the library is the heart of university)” yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan program perguruan tinggi sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau berdiri bersamaan dengan berdirinya IAIN SUSQO pada 9 September 1970. Pada saat itu Perpustakaan UIN Suska Riau masih menggunakan sistem peminjaman manual.

Sejak 2009 lalu, Perpustakaan UIN Suska Riau sudah menggunakan sistem pelayanan online, seperti perpanjangan peminjamam buku. Pelayanan online Perpustakaan UIN Suska Riau dapat di akses melalui website lib.uin-suska.ac.id. Website ini sangat membantu dalam memperpanjang peminjaman buku, apalagi dalam situasi mendesak. Proses yang mudah dan efisien juga membantu mahasiswa agar tidak perlu antri di perpustakaan.

Perpustakaan UIN Suska Riau dilengkapi dengan fasilitas warung internet untuk memudahkan mahasiswa mengakses informasi. Fasilitas internet yang disediakan bertujuan untuk mewujudkan visi perpustakaan UIN Suska Riau sebagai lembaga akses informasi terkemuka bagi masyarakat perguruan tinggi Islam di kawasan Asia Tenggara. Internet room ini selain mengakses informasi juga dapat digunakan untuk print, rental komputer, burning CD, dll. Internet room yang ada di dalam perpustakaan UIN Suska Riau memiliki 13 unit komputer. Tak hanya itu, setiap komputer juga mempunyai fasilitas lengkap. Mulai dari web cam, pemutar musik (winamp) dan ruangan yang memiliki pendingin udara.

Perpustakaan UIN Suska Riau ternyata memiliki sistem tercanggih di Sumatera yaitu aplikasi ELIMS (Elektronik Implikasi Sistem) pada sistem digital otomatis. Elims ini dipakai oleh 14 negara yang ada di dunia. Enam provinsi di Indonesia, delapan pustaka di Indonesia dan salah satunya pustaka UIN Suska Riau. Ini merupakan sebuah kebanggan, dan bisa dijadikan ikon UIN Suska Riau. Dengan menggunakan ELIMS pengunjung pustaka tidak harus datang ke pustaka untuk memperpanjang buku pinjamannya namun bisa dilakukan diluar pustaka.

Dengan adanya fasilitas dan pelayanan prima di dalam perpustakaan UIN Suska Riau, diharapkan mahasiswa dapat menjadi senang dan betah didalam perpustakaan.

Penulis : kak Iit Royani, kak Aulia Syahrina, kak Mahadir

About Ambacana Suska-Etrida

Check Also

Orientasi Anggota Baru (OAB) Lapangan Angkatan ke-XXXIV Tahun 2018

Kampar, 12/11/2018. Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Pekanbaru 08-059/08-060 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *