Home / Agenda / Pramuka UIN Suska Riau Mengadakan Kegiatan Ambarawa Scout Leadership Tahun 2018

Pramuka UIN Suska Riau Mengadakan Kegiatan Ambarawa Scout Leadership Tahun 2018

  

Pekanbaru, 17/03/2018, Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Pekanbaru 08-059/08.060 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau kembali mengadakan kegiatan Ambarawa Scout Leadership Tahun 2018 pada tanggal 16 – 18 Maret 2018 yang digelar di Gedung Teater Fekon A UIN Suska Riau. yang dibuka langsung Ketua Gugusdepan 08-059 kakak Drs. M. Hanafi M.Ag dan di awali dalam pembukaan dengan prosesi Adat Ambalan . Kegiatan ini merupakan program kerja rutin yang dilakukan dalam setiap tahunnya yang bertujuan untuk mematangkan ilmu kepemimpinan dikalangan warga Ambalan dan Racana Suska-Etrida dan mengetahui serta menyadarkan bahwa Generasi muda merupakan ujung tombak bangsa yang diharapkan membawa kehidupan Indonesia menjadi lebih baik di masa mendatang.

Pada acara pembukaan, kak Hanafi mengatakan “adik-adik yang saya banggakan dan yang saya cintai, saya sangat berterima kasih kepada pengurus dewan Ambalan

dan Racana Suska- Etrida yang telah melaksankan kegiatan yang sangat bermanfaat ini bagi anggota pramuka Penegak dan Pandega terutama yang berpangkalan di gugusdepan perguruan tingggi. Ini merupakan langkah awal dalam persiapan Perkemahan Besar kita yang akan dating di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yaitu Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) XIV Se-Indonesia Tahun 2018”

Ketua Panitia Pelaksana, Lilis Zubaidah mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberi pengetahuan tentang pengembangan kepemimpinan dan pengorganisasian dikalangan warga Ambalan dan Racana Suska – Etrida. Jumlah peserta mencapai 34 orang yang terdiri dari 10 putra dan 24 putri serta panitia berjumlah 17 orang. Materi pelatihannya terdiri materi keprotokolan, manajemen organisasi, Cara Memberi Instruksi (CMI), Dinamika Kelompok, Komunikasi Organisasi, Teknik Pembuatan Program Kerja, Publik Speaking, Problem Solving, Administrasi Gudep dan lainnya. Sedangkan pemateri berasal dari purna Racana UIN Suska Riau dan Andalan Cabang Kota Pekanbaru.

Daftar Pemateri Ambarawa Scout Leadership Tahun 2018 :

  1. Dr. Julina SE. M.Si
  2. Drs. Ansari Kadir M.Si
  3. Gusma Afriani M.Ag
  4. Makmur Ghorib S.Ag
  5. Lukman Hakem S.Pd
  6. Toni Werdiansyah S.Si
  7. Ali Sabet S.Hi
  8. Deny Rendra S.Ip, M.Si
  9. Fahrul Rozi S.Pd
  10. Irwan Juliadi S.Ip

Sementara itu Andalan Cabang dan beberapa purna lainnya mengapresiasi kegaiatan yang dilaksanakan oleh Pengurus Dewan Ambalan dan Racana Suska-Etrida. Salah satu purna Racana UIN Suska Riau Kak Ansari kadir dengan materi keprotokolan berkata “ saya sangat mengapresiasi dengan semangat adik-adik yang telah diberikan, Inilah calon Pembina di masa yang akan datang, karena menangis darah pun saya tidak akan bisa menjadi peserta didik seperti adik-adik sekalian, tetapi adik-adik sekalian esok akan bisa menjadi Pembina yang  berkualitas, Pramuka itu penting dan Kuliah lebih penting”

“Ini adalah langkah yang sangat baik untuk menambah wawasan dan keterampilan peserta didik Anggota Pramuka. Apalagi dalam waktu dekat juga menggelar Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Kegamaan (PW PTK) XIV Se-Indonesia Tahun 2018 di UIN SUSKA Riau , tentu ini modal yang tepat untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kekompakan dan di tutup oleh salah satu purna Racana UIN Suska Riau kakak Ansari Kadir.

Seperti yang kita ketahui, Kepemimpinan dalam pandangan Islam merupakan amanah dan tanggung jawab yang tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada anggota-anggota yang dipimpinnya, tetapi juga akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam Haditsnya “Setiap kalian adalah pemimpin, dan kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya” (H. R. Bukhori). Maka perlu kita menyadari bahwa Manusia adalah sebagai pemimpin minimal harus mampu memimpin dirinya sendiri. Dalam lingkungan organisasi harus ada pemimpin yang secara ideal dipatuhi dan disegani oleh bawahannya.

Pada artikel tersebut perlu kita memahami bahwa Aktivitas kepemimpinan memang sangat penting dalam suatu organisasi, di mana pentingnya pemimpin dan kepemimpinan yang baik telah diuraikan oleh Mohyi sebagai berikut:

  1. Sebagai pengatur, pengarah aktivitas organisasi untuk mencapai tujuan.
  2. Penanggung jawab dan pembuat kebijakan-kebijakan organisasi.
  3. Pemersatu dan memotivasi para bawahannya dalam melaksanakan aktivitas organisasi.
  4. Pelopor dalam menjalankan aktivitas manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan serta pengelolaan sumber daya yang ada.
  5. Sebagai pelopor dalam memajukan organisasi dll.

 

 

 

 

About Akbar Dimansyah Hrp

Check Also

Pramuka UIN Suska Riau Memperingati Hari Pramuka di Puncak Marapi 2891 Mdpl

Pekanbaru 14/08/2018 Keluarga Besar Pramuka UIN Suska Riau Mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Pramuka yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *