Home / Artikel / PKM UIN Suska

PKM UIN Suska

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA Riau) merupakan kampus madani yang selalu bernuansa islami dengan desain menyerupai bangunan Timur Tengah Bangunan yang berdiri di Jalan H. R. Soebrantas ini semakin gagah dengan hiasan motif melayu berwarna putih dan abu-abu dengan penambahan warna ciri khas melayu riau berwarna kuning. UIN Suska Riau mempunyai arsitek terbaik di tingkat UIN Se-Asia Tenggara, seperti terlihat pada gedung Rektorat, Islamic Centre, Masjid Al-Jami’ah, dan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang di bangun pada tahun 2005. Saat ini UIN Suska juga dalam proses pembangunan gedung yang sangat baik dengan corak dan desain yg berbeda yaitu corak melayu. Kalau kamu menginginkan kampus madani, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) harus kamu masukkan dalam daftar kampus impian. Kampus ini memiliki sarana-prasarana memadai, yang juga merupakan salah satu upaya UIN Suska Riau untuk menjadi World Class University.

Setiap mahasiswa pasti ingin belajar di kampus yang memiliki fasilitas lengkap dan terawat. Misalnya, ruangan kuliah yang bersih dengan alat-alat pendukung kegiatan belajar. Juga sarana kegiatan non akademik, seperti gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) atau lapangan olahraga yang membuat mahasiswa tetap sehat. UIN Suska senantiasa mengembangkan dan memfasilitasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Kampus (UKK), sebagai wahana untuk merencanakan dan melaksanakan serta mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler di tingkat perguruan tinggi yang berkaitan dengan penalaran, pengembangan dan keilmuan, minat, bakat dan kegemaran, kesejahteraan mahasiswa serta pengabdian pada masyarakat.

Kegiatan-kegiatan di UKM/UKK telah terprogram dan terjadwal secara rutin dalam pertahunnya dengan menyesuaikan kalender akademik kampus, sehingga tidak mengganggu kegiatan studi anggotanya. Mahasiswa yang terlibat dalam UKM/UKK akan terbiasa dengan manajemen waktu yang baik. Mereka harus bisa membagi waktu antara kuliah, belajar, berlatih di UKM dan kegiatan sosial lainnya. Mahasiswa UIN selalu mengikuti ajang perlombaan dan tidak heran selalu mendapat juara di privinsi maupun di Tingkat Nasional. Universitas meyakini bahwa dengan terlibatnya mahasiswa dalam kegiatan UKM akan menambah soft skill mereka, yang sangat bermanfaat di akademik dan di masyrakat.

Sebagaimana kita ketahui UIN Suska Riau memiliki jumlah mahasiwa kurang lebih 29000, ini merupakan mahasiswa terbanyak di tingkat UIN Se-Indonesia. Berbicara tentang Universitas pastinya memiliki tempat untuk melakukan kegiatan yaitu Pusat Kegiatan Mahasiswa. Berikut penjelasan tentang Gedung tersebut, Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau terletak di sebelah timur Gedung Rektorat, yang memiliki daya tampung kurang lebih 3500 orang dengan luas 1000 m2 terdiri dari 2 lantai. Gedung ini biasa disebut gedung serba guna karena biasa digunakan untuk umum dan UKK/UKM yg berada di uin suska riau. Gedung ini mempunyai beberapa UKK/UKM salah satunya sanggar bakti pramuka, sebagai aktifitas mahasiswa untuk mengembangkan pola pikir dan kreatifitas mahasiswa, selain ukk ukm gedung ini juga sering diadakan seminar nasional dan internasioal, dan tempat senat mahasiswa dan wisuda Pada sisi kiri  pkm ini terdiri dari Bank BRI Syariah, Koperasi Mahasiwa (KOPMA), PERBASI, BEM UI SUSKA RIAU, FKII ASY-SYAM, KSR PMI, sanggar bakti Pramuka, LPM Gagasan dan disisi kanan terdiri Ruang Senat Rektor, Mapala suska, Sanggar Khasimiyah, Sanggar Latah Tua. LDK Al-Karamah.

About Akbar Dimansyah Hrp

Check Also

Pramuka UIN Suska Riau Memperingati Hari Pramuka di Puncak Marapi 2891 Mdpl

Pekanbaru 14/08/2018 Keluarga Besar Pramuka UIN Suska Riau Mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Pramuka yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *